5 Cara Paling Akurat untuk Menemukan Ponsel yang Hilang atau Dicuri

Lakukan pencegahan

Kerugian tidak dapat direncanakan. Oleh karena itu, untuk memudahkan pelacakan nantinya, jangan lupa untuk menyimpan data penting seperti nomor telepon, jenis dan merek ponsel, nomor IMEI, dan informasi akun ponsel seperti akun Xiaomi. Masuk dengan akun Gmail atau akun ponsel Anda (akun Mi, ID Samsung, dll.) lalu aktifkan akses lokasi.

Coba hubungi HP dulu

Segera setelah Anda menyadarinya, segera temukan ponsel Anda dan hubungi. Jika Anda masih mendengar ciri khas ringtone atau getaran ponsel Anda, datanglah sekaligus, mungkin Anda masih beruntung. Jika belum, bersiaplah untuk langkah selanjutnya yaitu cara melacak ponsel yang hilang menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Hubungi pihak berwenang

Segera datang ke customer service untuk mengamankan nomor ponsel Anda. Untuk Telkomsel silahkan kunjungi Grapari. Pengguna M-banking dapat menghubungi customer service dari masing-masing bank secara langsung.

Selanjutnya, Anda bisa ke kantor polisi untuk melaporkan kronologi dan identitas ponsel Anda agar relevan dengan polisi. Laporkan nomor telepon, jenis dan merek ponsel, nomor IMEI dan informasi tentang kejadian tersebut.

Gunakan aplikasi Pelacak Akun

Faktanya, kami sangat beruntung berada di sana pada tahun 2019 karena inovasi 1 akun untuk perangkat yang berbeda ditemukan. Selain itu, setiap perangkat juga memiliki akunnya sendiri, mis. B. Xiaomi dengan akun Mi-nya, Samsung dengan ID Samsung-nya dan lain-lain.

Beberapa sistem operasi seperti Android bahkan bermitra dengan Google untuk membuat aplikasi pelacakan perangkat berbasis akun. Berikut beberapa cara melacak ponsel dengan aplikasi pelacak akun.

Baca juga: 6 hal yang harus dihindari saat mengisi daya ponsel Anda
Menggunakan Akun Gmail

Pernahkah Anda mencoba masuk di perangkat yang tidak digunakan dan menemukan email verifikasi keamanan di kotak masuk Anda? Nah, kita bisa menggunakan fungsi-fungsi ini.

Pertama masuk dengan akun Gmail di browser (Google Chrome) dan tekan ikon kotak. Cari tahu tentang akun yang Anda miliki lalu ketik di kotak pencarian. Ketik "temukan telepon Anda" dan kemudian pilih menu "Temukan telepon Anda".
Pilih ponsel yang hilang dari daftar perangkat yang terhubung ke akun Gmail Anda, lalu masukkan kata sandi untuk mengonfirmasi dan klik Berikutnya.
Di bawah Temukan Ponsel Anda, pilih Temukan dan Anda akan dibawa ke fitur Temukan Perangkat Saya. Di sini Anda dapat mengamankan akun Anda dan mengunci ponsel Anda.

Penggunaan fungsi pelacakan Google Maps

Anda juga dapat menggunakan fitur pelacakan di Google Map untuk melacak ponsel yang hilang. Metode:

Buka aplikasi Google Maps di ponsel pelacak, lalu ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas. Masukkan akun HP Anda yang hilang menggunakan opsi Tambah Akun.
Selanjutnya, klik ikon hamburger lagi dan sekarang pilih timeline Anda. Pengejaran dimulai.
Tekan ikon kalender untuk mengetahui lokasi ponsel jika hilang dalam beberapa hari, terutama saat ponsel mati.

Google Temukan Perangkat Saya/Pengelola Perangkat Android

Aplikasi ini sangat lucu! Tentu saja Anda dapat menggunakannya untuk menemukan ponsel Anda. Metode:
GOOGLE TEMUKAN PERANGKAT SAYA
Gambar: TNW

Sebelum menggunakan, pastikan terlebih dahulu Google Find My Device terpasang di ponsel lain yang akan digunakan untuk lokasi tersebut. Jika belum, silahkan download secara gratis di Google Playstore.
Kedua, masuk dengan akun Gmail Anda (akun di ponsel yang hilang) dengan masuk sebagai tamu sehingga Anda dapat mengakses ponsel yang hilang.
Ketiga, tingkat izin ditampilkan. Izinkan aplikasi mengakses lokasi perangkat dengan mengeklik "Izinkan".

Jika berhasil, lokasi terakhir ponsel Anda dapat ditemukan. Segera datang dengan menggunakan ikon hijau yang terhubung ke Google Maps, atau lakukan tindakan pencegahan, mis. B. mengunci ponsel.

Sumber :