Samsung mengklaim penjualan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 menggembirakan

Samsung baru saja mengumumkan penjualan smartphone lipatnya. Rupanya, raksasa elektronik Korea Selatan itu menjual lebih banyak ponsel yang dapat dilipat dalam sebulan setelah meluncurkan Galaxy Z Fold3 daripada semua penjualannya tahun lalu.

Menurut siaran pers resmi (via CNet), Samsung berhasil memasarkan sekitar empat kali lebih banyak dari smartphone lipatnya dalam satu bulan daripada total pengiriman pada tahun 2020. Peningkatan penjualan yang cukup besar sepenuhnya disebabkan oleh peluncuran Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 pada Agustus 2021.

Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa dua model smartphone layar lipat terbaru Samsung memang diterima dengan baik di seluruh dunia. Pada akhirnya, ini membantu meningkatkan penjualan berkali-kali lipat dari pengiriman tahun lalu.

Bagi yang belum tahu, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 saat ini merupakan model smartphone lipat terbaru dari Samsung dan memiliki berbagai penyempurnaan dari pendahulunya. Galaxy Z Fold3 merupakan varian kelas atas yang dibanderol dengan harga sekitar $1.800 (Rp25,6 juta).

Sementara itu, Galaxy Z Flip3 ditawarkan dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar $999 (14 juta rupee). Meskipun Samsung belum mengungkapkan angka penjualannya secara rinci, itu setuju dengan laporan sebelumnya oleh Counterpoint Research, yang memperkirakan bahwa Samsung akan memasarkan lebih dari 9 juta unit yang dapat dilipat pada tahun 2021.

Jumlah ini saja sesuai dengan sekitar tiga kali lipat total omset tahun lalu. Khususnya, Samsung juga menempati posisi dominan di semua segmen dengan pangsa pasar smartphone lipat sekitar 88% tahun lalu. Kehadiran yang kuat akan dilanjutkan tahun ini.

Namun, Samsung juga belum puas menghadapi para pesaingnya yang juga telah memproduksi smartphone layar lipat seperti Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Seperti yang telah kita lihat, OPPO meluncurkan OPPO Find N sementara Huawei membuat kejutan dengan peluncuran HUAWEI P50 Pocket.

Ya! Tentu saja, kami berharap pada tahun 2022 produsen smartphone lain akan keluar dengan perangkat serupa. Tak hanya Samsung, OPPO dan Huawei yang meramaikan pasar smartphone dengan layar lipat. Bagaimana menurutmu?

Sumber :