5 Trik Membuat Konten Video Memasak Singkat Menggunakan Smartphone

Berniat membuat konten video memasak pendek yang menarik? Berikut adalah beberapa tips dan trik dari SnackVideo untuk membuat konten video pendek memasak menggunakan smartphone.

Konten terkait makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak selalu mendapat tempat khusus di hati pemirsa.
Baca Juga

Tokopedia Care Dibuka di Yogyakarta
Bisnis Startup Diminta Perhatikan Aspek Tata Kelola untuk Bertahan
Gedung Tinggi di Cikini Jadi Penghalang, Planetarium Astronomi Bawa Fasilitas Pendidikan ke Ancol
Hati-Hati! Bill Gates Mengatakan NFT Berdiri di Atas Teori Orang Bodoh yang Lebih Besar
Ancam Sebarkan Data Pelanggan, Lima Pegawai Pinjol Ditangkap Polisi

Apalagi sejak kemunculan platform video pendek, konten tentang makanan semakin diminati, baik oleh para pembuat konten maupun pengguna lain sebagai penggemar konten tersebut.

Melalui video pendek, pemirsa dapat melihat konten yang menarik dan informatif, secara ringkas dan lugas.

Konten terkait makanan juga dapat ditemukan di platform video pendek SnackVideo. Bahkan, kategori konten ini termasuk dalam 5 kategori konten teratas yang paling diminati pengguna.

SnackVideo juga menyebutkan bahwa ada lebih dari 450 juta konten tentang makanan yang dibuat di SnackVideo.

Buat kamu yang ingin mulai membuat konten tentang makanan, SnackVideo membagikan beberapa rahasia membuat konten masakan yang menggugah selera hanya dengan menggunakan smartphone.
menutup
arrow_forward_iosBaca selengkapnya
Didukung oleh GliaStudio
Ilustrasi memasak. (Pixabay/olaf Broeker)

Simak trik membuat konten video pendek memasak dengan smartphone dari SnackVideo berikut ini.

  1. Buat video yang fokus ke makanannya, bukan backgroundnya

Membuat video pendek menggunakan smartphone memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah Anda dapat dengan mudah mengatur fokus kamera.

Manfaatkan keuntungan ini untuk membuat masakan Anda lebih menggugah selera, dengan memfokuskan kamera pada makanan. Tampilkan setiap detail makanan dengan jelas, pastikan juga terekam dengan fokus dan ketajaman.

Selain menampilkan kelezatan masakan agar lebih menggugah selera, memfokuskan kamera pada makanan juga berguna saat Anda merekam video di dapur sederhana.

Jadi, Anda tidak perlu fokus pada background yang berpotensi mengganggu nilai estetika video.

  1. Perhatikan arah asap agar tidak mengganggu kamera

Lebih jauh lagi, tidak dapat dipungkiri bahwa pembuatan konten video pendek sambil memasak terkadang akan sedikit terganggu dengan asap dari masakan itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan arah asap. Tujuannya, agar asap tidak mengganggu kamera hingga membuat gambar menjadi buram.

Memperhatikan arah asap juga berguna untuk memastikan Anda bisa tetap fokus memasak, tanpa repot mengoreksi fokus kamera.

  1. Buat konten ASMR atau gunakan soundtrack yang trendi

Membuat video pendek memasak menggunakan smartphone tetap bisa tampil keren, sekaligus menampilkan makanan yang menggugah selera. Salah satu rahasianya adalah memperhatikan pemilihan konten.

Cobalah berinovasi dengan membuat konten kekinian, seperti ASMR atau video pendek menggunakan lagu-lagu trendi. Langkah ini juga bisa membuat konten Anda dilirik oleh pengguna lain hingga berhasil mendapatkan banyak penonton.

Cara ini sudah banyak digunakan oleh para kreator SnackVideo, seperti Laydidiemsia yang rutin membuat video ASMR.

Selain visual makanan yang menggugah selera, konsep ASMR dalam video pendek ini juga menghasilkan suara yang renyah di setiap gigitan. Alhasil, penonton pun merasa lapar saat melihatnya.

  1. Pilih bahan-bahan segar dan gunakan peralatan makan berwarna cerah

Untuk memastikan konten masakan Anda terlihat enak dan menggugah selera, Anda harus memperhatikan visual alat dan bahan yang digunakan.

Apalagi saat merekam menggunakan smartphone dan mengandalkan pencahayaan ambient, penggunaan alat dan bahan menjadi sangat penting.

Ingatlah untuk menggunakan bahan yang masih segar, dari bahan utama hingga bahan pelengkap. Seperti yang dilakukan kreator Lela Ledung saat membuat bakwan bayam, ia secara khusus memetik bayam langsung dari pohonnya sebelum dimasak.

Meski sederhana dan tidak berlebihan, bahan-bahan segar tentu mampu membuat masakan terlihat lebih menggugah selera.

  1. Manfaatkan filter “makanan” di SnackVideo agar lebih menggugah selera

Terakhir, membuat konten video pendek di SnackVideo juga menawarkan keunggulan tersendiri, yaitu adanya filter pendukung yang dapat membuat konten Anda terlihat lebih baik.

Saat membuat video pendek memasak, Anda dapat menggunakan filter “makanan” untuk memastikan makanan Anda terlihat lezat sehingga dapat memukau penonton

Sumber :